Jumat, 13 Juli 2012

ruang lingkup dan kinerja-Rencana Tindak Lanjut dan Kendala-skripsi


1.      Rencana Tindak Lanjut dan Kendala
              Karya Usaha Mandiri telah membuktikan bahwa masyarakat miskin adalah layak kredit. Peserta, yang 100% adalah wanita, dapat mengelola pinjaman untuk meningkatkan kesempatan kerja dan pendapatan keluarga. Dapat mengembalikan pinjaman tepat waktu dan bahkan dapat menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menabung.
              Menurut data statistik kabupaten Bogor jumlah KK miskin sebanyak 274.636 KK (26,6%) terdiri dari KK miskin pedesaan sebanyak 146.563 KK dan KK miskin kota sebanyak 59.907 KK dari keseluruhan jumlah penduduk sebanyak 3.489.096 jiwa terdiri dari 786.233 KK (hasil sensus penduduk tahun 2000). Tahun 2006 jumlah penduduk miskin mencapai 1.089.027 jiwa atau 26,56% terhadap total jumlah penduduk di kabupaten Bogor sebanyak 4.100.934 jiwa.
            Dengan berpedoman pada angka tersebut apa yang telah dicapai oleh KUM selama ini masih sangat kecil bahkan pula jangkauan pelayanan pengalaman dilapanganpun membuktikan bahwa permintaan masih banyak yang belum terlayani, maka KUM bermaksud meneruskan dan mengembangkan model pelayanan pembiayaan ini untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas bahkan diseluruh kabupaten Bogor.
            Namun diakui bahwa kendala yang dihadapi untuk maksud ini adalah keterbatasan kemampuan modal yang dimiliki, sehingga dalam memberikan pendampingan pembiayaan kepada masyarakat miskin belum bisa berbuat sesuai denggan harapan masyarakat yang membutuhkan.
            Selanjutnya KUM membuka pintu selebar-lebarnya bahkan mengajak semua pihak baik lembaga pemerintah, swasta maupun perorangan untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian dan keberpihakan kita melakukan upaya nyata menambah kegiatan pembiayaan bagi masyarakat miskin melalui penguatan dana/permodalan koperasi KUM.
            Selama ini memperkuat likuiditas Karya Usaha Mandiri dalam melayani dan mengembangkan jangkauan antara lain dari Bank Indonesia, Bank Mandiri, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Bank Negara Indonesia (BNI) Simpanan Tabungan Anggota Kelompok dan Pemerintah daerah Kabupaten Bogor denganProgram Gerakan Masyarakat Mandiri (GMM).

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com