Kamis, 05 Juli 2012

contoh strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat-skripsi

  1. Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Menurut Lili Baridi dkk dalam bukunya Zakat dan Wirausaha mengatakan bahwasanya pemberdayaan masyarakat secara umum, dapat terbagi menjadi empat strategi, yaitu sebagai berikut.1
  1. The Growth Strategy: penerapan strategi pertumbuhan ekonomi masyarakat pada umumnya dimaksudkan untuk mencapai peningkatan pendapatan yang cepat dalam nilai ekonomis melalui peningkatan pendapatan per kapita penduduk.
  2. The Welfare Strategy: strategi kesejahteraan ini pada dasarnya dimaksudkan untuk memperbaiki kesesjahteraan masyarakat.
  3. The Responsive Strategy: strategi ini merupakan reaksi terhadap strategi kesejahteraan melalui pengadaaan teknologi serta sumber-sumber yang seseuai bagi kebutuhan proses pembangunan.
  4. The Integrated Or Holistic Strategy: dalam strategi ini, terdapat tiga prinsip dasar sebagai konsep kombinasi dari unsur-unsur pokok ketiga strategi diatas, yaitu:
  1. Persamaan, keadilan, pemerataan dan partisipasi merupakan bantuan yang secara eksplisit harus ada dari strategi menyeluruh.
  2. Memerlukan perubahan-perubahan mendasar, baik dalam komitmen maupun dalam gaya dan cara bekerja, maka badan publik yang belum memiliki kemampuan intervensi sosial akan memerlukan pemimpin yang kuat komitmen pribadinya terhadap tercapainya tujuan dari strategi holistik tersebut.
  3. Keterlibatan badan publik dan organisasi sosial secara terpadu, maka memerlukan suatu pedoman untuk memfungsikan organisasi.
1 Lili Bariadi, Muhammad Zen, M.hudri, Zakat Dan Wirausaha, h. 58

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com