Kamis, 05 Juli 2012

contoh metodologi penelitan-skripsi

  1. Metodologi Penelitian
  1. Pendekatan Penelitian
Dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan empiris. Yaitu pendekatan dengan menggunakan fakta yang objektif, secara hati-hati diperoleh, benar-benar terjadi, yang didapat dari lapangan yakni data yang diperoleh dari responden.
  1. Jenis Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dimaksudkan untuk mendapatkan data primer, dilakukan penulis sebagai pelengkap data dalam hasil penelitian kelak yaitu dengan melakukan wawancara dengan reponden yang menjadi objek penelitian untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipertanggungjawababkan kebenerannya.
Selain itu, penelitian juga merupakan penelitian kepustakaan (library research). Penulis akan mendapatkan data dari literatur berupa buku-buku,makalah, artikel dan tulisan-tulisan lainnya yang membahas mengenai perbankan syariah, kinerja, pembiayaan mikro terutama yang menyangkut tentang lembaga kuangan mikro, pemberdayaan, kinerja serta tentang buku buku syariah Islam yang menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini.
  1. Jenis Data dan Sumber Data
  1. Jenis Data
  1. Data Kuantitatif
Adalah data yang berupa angka-angka. Kemudian dianalisis lebih lanjut untuk kemudian diambil kesimpulan. Adapun data kuantitatif yang dimaksud yaitu data-data untuk mengukur pemberdayaan yang dilakukan oleh setiap LKM dengan menggunakan ukuran Ibnu Qayyim tentang parameter keberhasilan suatu peradaban.1Disamping itu juga pengukuran kinerja Lembaga Keuangan Mikro dalam hal penyaluran pembiayaan kepada anggota yang ditunjukan dengan angka-angka yang datanya akan ditunjukan dengan tabel distribusi frekuensi dan uji statistik dengan menggunakan SPSS. Serta rasio manajemen dari laporan keuangan Karya Usaha Mandiri dua tahun terakhir.
  1. Data Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang bertujuan untuk membuat pemaparan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat pada objek penelitian sesuai dengan permasalahan yang diteliti.2
Adapun yang menjadi data kualitatif dalam penelitian ini yaitu data yang bersumber dari hasil pengumpulan data yang diinterpretasikan ke dalam kata-kata sehingga tersusun skripsi ini.
  1. Sumber Data
Sumber data terbagi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang langsung didapat langsung oleh penulis tanpa perantara. Yaitu data yang didapat langsung dari responden yang didapat dilapangan.
Sedangkan data sekunder yaitu data yang didapat oleh perantaraan dalam artian data yang didapat sudah tersedia sebelumnya tanpa harus terjun langsung pada responden. Contohnya data-data tentang profil lembaga keuangan serta laporan keuangan.


  1. Teknik Pengumpulan Data
Penelitian ini mengggunakan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi (studi pustaka) dan studi lapangan dengan teknik wawancara. Wawancara yang digunakan yaitu wawancara terpimpin, yaitu tanya jawab yang dilakukan dengan responden dengan menggunakan panduan wawancara (angket yang dibacakan) yang berupa kumpulan pertanyaan yang akan ditanyakan kepada responden.
  1. Objek Penelitian
Objek penelitian yang menjadi fokus dalam skripsi ini yaitu nasabah dan Lembaga Keuangan Mikro Karya Usaha Mandiri yang beralamat Jl Raya Leuwiliang Km 09 Desa Kalong Kec Leuwisadeng Bogor.
Untuk jumlah sampel responden yang akan diteliti yaitu sekitar 49 orang yang merupakan anggota/nasabah dari Karya Usaha Mandiri (KUM). Ditambah dengan sampel responden ahli yaitu pejabat (pengurus) yang berwenang dari Karya Usaha Mandiri.
Tentang penarikan sample. Penulis menggunakan Teknik Cluster Sampling yaitu mengambil sampel yang dilakukan dengan membagi populasi menjadi beberapa grup bagian. Grup bagian ini disebut dengan cluster. Beberapa cluster kemudian dipilih secara random dari semua cluster yang ada.3 Dalam hal ini penulis membaginya kedalam empat cluster yaitu: pertanian, industry/kerajinan. Perdagangan, dan jasa. Keempat cluster tersebut merupakan sektor pembiayaan pada Karya Usaha Mandiri.
  1. Metode Analisis Data
Penulis dalam menganilis data terbagi kedalam beberapa metode analisis. yang Pertama menggunakan metode Artificial Neuron Network (ANN)4 dengan menggunakan penilaian berdasarkan wawancara terpimpin yang didapat dari responden. Metode ANN ini digunakan untuk mengukur pemberdayaan yang telah dilakukan oleh KUM kepada anggotanya.
Kedua, pengukuran kinerja KUM dalam hal pemberdayaan yang telah dilakukan kepada nasabah. Caranya dengan melihat seberapa besar pengaruh perkembangan usaha, peningkatan pendapatan, peningkatan pengetahuan dan intensitas menabung terhadap kemampuan nasabah untuk berusaha. Dalam hal ini penulis menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana kemampuan nasabah merupakan variabel dependent. Sedangkan perkembangan usaha, peningkatan pendapatan, peningkatan pengetahuan dan intensitas menabung merupakan variabel independentnya. Dalam hal analisis regersi linier berganda ini penulis menggunakan sofware spss 19. Disamping itu kinerja kinerja Karya Usaha Mandiri dengan menggunakan rasio yang dikembangkan oleh Ciaran Walsh5 dan Kasmir.6
Ketiga, menggunakan Statistik Deskriptif. Merupakan statistik yang menggambarkan fenomena atau karakteristik dari data. Karakteristik data digambarkan adalah karakteristik distribusnya.7 Dalam hal ini penulis menggambarkan data yang didapat dari lapangan digambarkan dengan menggunakan grafik agar mudah dipahami.
Keempat yang terakhir yaitu manganalisis tentang konsep Karya Usaha Mandiri dengan menggunakan dua indikator utama. Yakni indikator Ta’awun dan indikator Antarodin. Dalam hal ini penulis membaginya kedalam beberapa sudut pandang. Untuk indikator Ta’awun penulis melihat apa yang dilakukan oleh Karya Usaha Mandiri dalam pola tanggung renteng, hubungan pemilik dana dan pengelola dana, dan Ta’awun sebagai manajemen resiko. Sedangkan untuk indikator Antarodin dilihat dalam penentuan anggota kelompok, dalam aqad, dan dalam pola 221. Lalu yang terakhir penulisi menganalisis dari instrument bunga dan instrument zakat untuk penguatan analisis dari perspektif Islam.
  1. Teknik Penulisan Data
Dalam skripsi ini teknik penulisan menggunakan “ Buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Syariah Dan Hukum UIN 2007”.8

1Murasa Sarkaniputra.Ruqyah Syariah:Teori,Model, dan Sistem Ekonomi.(Cirebon:Al-Ishlah Press & STEI Bobos Cirebon,2009),h. 24
2Bambang Kustituanto dan Rudy Badrudin, Statistika 1 (Deskriptif), Jakarta:Gunadarma, 2005),h.3
3 Jogiyanto, Metodologi Penelitian Sistem Informasi. (Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2008), h. 75
4Murasa Sarkaniputra.Ruqyah Syariah:Teori,Model, dan Sistem Ekonomi.(Cirebon:Al-Ishlah Press & STEI Bobos Cirebon,2009),h. 119
5CiaranWalsh, Key ManagementRatios3rd edition(London:Prentice Hall,2002)
6 Kasmir, Manajemen Perbankan Edisi Revisi,( Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008), h.298
7 Jogiyanto. H. 211
8 Djawahir Hejazziey dkk, Pedoman Penulisan Skripsi, (Jakarta:UIN Press, 2007), cet.1

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com