Kamis, 05 Juli 2012

contoh-abstrak skripsi

ABSTRAK

Dery Tadarus NIM 108046100108. Model Pemberdayaan Ekonomi Mikro (Studi Pada Karya Usaha Mandiri Bogor). Skripsi Program Studi Mu’amalat (Ekonomi Islam). Konsentrasi Perbankan Syari’ah, Fakultas Syari’ah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta 1433 H/ 2012 M, Isi xiii+ 103 halaman + halaman lampiran.
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis model pemberdayaan yang dilakukan oleh Karya Usaha Mandiri dalam rangka peningkatan kesejahteraan kepada para nasabah yang tak lain adalah perempuan-perempuan miskin. Adapun permasalahan yang penulis angkat yaitu: mengukur keefektifan pemberdayaan yang dilakukan, mengukur kinerja serta penilaian konsep Karya Usaha Mandiri melalui perspektif Islam.
Dalam metode penelitian, penulis melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara terpimpin dengan menggunakan angket yang dibacakan, studi dokumentasi, dan observasi. Analisis data penulis menggunakan beberapa metode diantaranya metode, Artificial Neuron Network (ANN) untuk mengukur keefektifan pemberdayaan, rasio manajemen dan regresi linier berganda untuk mengukur kinerja, statistik deskriptif, serta analisis konsep KUM melalui indikator indikator Ta’awun dan indikator Antarodin Pengolahan data dilakukan dengan cara deskriptif analisis yaitu suatu tekhnis penulisan terdahulu memaparkan semua data yang diperoleh melalui bahan wawancara, dokumentasi, dan bahan pustaka kemudian menganalisisnya dengan pedoman pada sumber tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Karya Usaha Mandiri cukup berhasil dalam melakukan kombinasi dari ketiga pola yakni Pola Koperasi, BMT serta Grameen Bank. Hasil pengukuran dengan menggunakana Artificial Neuron Network (ANN) 88% (pembulatan). Ini menunjukkan bahwa besar keefektifan pemberdayaan yang dilakukan oleh Karya Usaha Mandiri (KUM) relatif cukup tinggi. Dari hasil rasio manajemen di atas secara keseluruhan KUM memiliki rasio manajemen yang cukup baik hal ini menunjukkan kinerja KUM dalam pemberdayaan ekonomi mikro cukup baik sedangkan dari Regresi Linier Berganda memiliki nilai R Square sebesar 58 %, dimana variabel yang memiliki koefisien yang paling tinggi adalah variabel peningkatan pendapatan dan peningkatan pengetahuan. Lalu yang terakhir penilaian dengan indikator antaradin dan ta’awun membuktikan bahwa pola yang konsep Karya Usaha Mandiri telah sesuai dengan prinsip syariah. Namun disayangkan KUM dalam pelaksanannya masih menggunkan instrument bunga

Kata kunci: Artificial Neuron Network (ANN), Rasio Manajemen, Regresi Linier Berganda, Antarodin dan Ta’awun

Pembimbing: Dr. Ir. Murasa Sarkaniputra

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com