Jumat, 13 Juli 2012

profil lalar belakang KUM-skripsi


1.      Latar Belakang
Karya Usaha Mandiri (KUM) adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam pelayanan, konsultasi dan pengembangan mikro yang ditujukan khusus bagi rumah tangga miskin di pedesaan Indonesia, dengan menggunakan pendekatan Grameen Bank. Grameen Bank adalah skim kredit bagi keluarga miskin Bangladesh yang dinilai berhasil baik dan melibatkan sebagian besar wanita pedesaan. KUM dimulai pada akhir tahun 1989, berlokasi di Desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.
Perintis kaji tindak KUM adalah Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Litbang Pertanian, Departemen Pertanian dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), sejak 1992 manajemen KUM dilakukan oleh LPPI. Hal ini dilandasi oleh maksud dan tujuan didirikannya LPPI, yang selain wadah untuk pengembangan profesionalisme perbankan juga dimaksudkan untuk meningkatkan nilai dan mutu pengetahuan perbankan melalui riset dan pengembangan. Kajian tindak KUM adalah salah satu diantara banyak wahana untuk meningkatkan nilai pengetahuan tersebut.
Tujuan utama dari penyaluran kredit melalui skim KUM adalah untuk modal usaha atau menambaha modal usaha, sehingga pada saatnya masyarakat golongan miskin diharapkan mampu berdiri sendiri untuk mengembankan usahanya. Rumah tangga yang layak menjadi anggota KUM diseleksi menurut kriteria yang ditetapkan, diantaranya adalah pemilihan lahan nilai aset, sumber-sumber pendapatan, prospek usaha dan lain-lain.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com