Jumat, 13 Juli 2012

ruang lingkup dan kinerja-Kelompok Sasaran-skripsi


1.      Kelompok Sasaran
              Semua anggota kelompok yang menjadi sasaran pelayanan Koperasi Karya Usaha Mandiri adalah wanita yang tergolong miskin. Kredit yang diberikan pada umumnya digunakan untuk menambah modal usaha sendiri atau modal usaha suami. Tambahan modal dagang bagi usaha suami antara lain untuk berjualan sayuran, buah-buahan, anyaman dan sebagainya. Sedangkan pinjaman yang digunakan sendiri untuk usaha membuka warung kebutuhan sehari-hari, jual makanan, minuman atau beternak secara kecil-kecilan.
              Dengan adanya modal kerja yang diperoleh dari pinjaman Karya Usaha Mandiri, masyarakat desa memperoleh peluang untuk berusaha dan dapat bekerja mandiri. Pinjaman yang diberikan melalui Karya Usaha Mandiri telah mampu membawa perubahan bagi beberapa anggota kelompok. Perubahan yang terjadi tidak hanya pada pendapatannya, tetapi juga pada status, yang semula sebagai buruh menjadi pedagang, atau peternak.
              Perubahan status dalam keluargapun meningkat bukan hanya sebagai ibu rumah tangga dan istri, wanita juga berperanan dalam membantu mencari nafkah bagi keluarga. Membuka usaha di sekitar rumahnya, pekerjaan rumah tangga tetap dapat dikerjakan, dan sekaligus memperoleh tambahan penghasilan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.
              Dampak sosial KUM terhadap kehidupan anggota yang secara nyata dapat diamati adalah timbulnya rasa percaya diri pada anggota. Mereka (Kaum Wanita) telah diberikan akses pada modal dan dapat menfaatkannya dengan baik dan dapat mengembalikannya secara teratur, dan bukan lagi menjadi warga masyarakat “kelas dua”. Masyarakat golongan miskin di pedesaan, utamanya kelompok wanita dapat dipercaya untuk memanfaatkan modal usaha dalam bentuk kredit guna meningkatkan pendapatan mereka dan dapat mengangsur tepat waktu, bahkan dapat menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menabung.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com