Kamis, 05 Juli 2012

contoh proses pemberdayaan-skripsi

  1. Proses Pemberdayaan
Upaya pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari sisi keberadaannya sebagai suatu program ataupun sebagai suatu proses. Pemberdayaan sebagai suatu proses dapat dilihat dari tahapan-tahapan kegiatan guna mencapai suatu tujuan, yang biasanya telah ditentukan jangka waktunya. Namun, ada pula yang melihat pemberdayaan sebagai suatu proses. Sebagai suatu proses pemberdayaan merupakan proses yang berkesinambungan sepanjang hidup seseorang (on going process). Menurut Hogan dalam Rukminto,1 proses pemberdayaan individu sebagai suatu proses yang relatif terus berjalan sepanjang usia manusia yang diperoleh dari pengalaman individu tersebut dan bukannya suatu proses yang berhenti pada suatu masa saja (empowering is not an end state, but a process that all human experience).
Hogan menggambarkan proses pemberdayaan yang berkesinambungan sebagai suatu siklus yang terdiri dari lima tahapan utama, yaitu:
  1. Menghadirkan kembali pengalaman yang memberdayakan
  2. Mendiskusikan alasan mengapa terjadi pemberdayaan dan ketidakberdayaan
  3. Mengidentifikasikan suatu masalah ataupun proyek
  4. Mengidentifikasikan basis daya yang bermakna untuk melakukan perubahan
  5. Mengembangkan rencana-rencana aksi dan mengimplementasikannya

Proses pemberdayaan mengandung dua kecenderungan,yaitu kecenderungan primer dan kecenderungan sekunder.2
  1. Kecenderungan primer; merupakan proses pemberdayaan yang menekankan pada proses memberikan atau mengalihkan sebagian kekuasaan, kekuatan atau kemampuan kepada masyarakat agar individu yang bersangkutan menjadi lebih berdaya. Proses ini dapat dilengkapi dengan upaya membangun asset material guna mendukung pembangunan kemandirian mereka melalui organisasi.
  2. Kecenderungan sekunder; menekankan pada proses menstimulasi, mendorong atau memotivasi agar individu mempunyai kemampuan atau keberdayaan untuk menentukan apa yang menjadi pilihan hidupnya melalui proses dialog sesungguhnya di antara kedua proses tersebut.
Jadi pemberdayaan ekonomi masyarakat pada hakikatnya merupakan suatu proses yang dinamis, menuntut adanya dinamika masyarakat dalam meningkatkan pendapatan per kapita untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mengantisipasi dan mempersiapkan kondisi ekonomi di masa mendatang.
1Isbandi Rukminto Adi. Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat,( Jakarta:Rajawali:2008), h.84.
2 Harry Hikmat, Strategi Pemberdayaan Masyarakat,(Bandung: Humaniora Utama Press), cetII, h.43.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com