Rabu, 23 November 2011

contoh-Metodologi Penelitian-proposal penelitian


1.6 Metodologi Penelitian
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif,
1.Pendekatan Kualitatif
Ciri-ciri penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif diantaranya:
a.    Sumber data bersifat ilmiah, artinya sehari-hari yang ada di masyarakat
b.    Penelitian sendiri merupakan instrument yang paling penting diadakan pengumpulan data dan penginterpretasikan data.
c.    Penelitian kualitatif bersifat pemerian (deskriftif), artinya mencatat secara teliti segala gejala (fenomena) yang dilihat dan didengar serta dibaca (via wawancara) atau bukan, catatan lapangan foto, video tape, dokumen pribadi, catatan atau memodukumen resmi atau bukan dan lain-lain dan penelitian harus mebanding-bandingkan, mengkombinasikan dan menarik kesimpulan.
d.   Penelitian harus dilakukan untuk memahami bentuk-bentuk tertentu (Shaping) atau kasus (studi kasus).16


 

16 Burhan bungin(ed).Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: PT Raja Grafindo,2004)hal.52
Langkah pendekatan kualitatif adalah mencari makna, berawal dari fakta, melakukan observasi, mencatat semua fakta secara holistic dan bersifat alamiah (naturalistik). Memahami interpretasi fakta: membuat deskripsi fenomena yang diamati, perumusan generalisasi bersifat teoritis.
Skripsi ini mendeskripsikan kesesuaian antara teori yang ada dengan kondisi riil di lapangan. Dengan demikian, pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini pendekatan empiris dengan kajian ekonomi.
2.Jenis Penelitian
Corak penelitian menggunakan penelitian deskriftif analisis yaitu penelitian yang berusaha menerangkan/menggambarkan peristiwa yang terjadi pada subjek penelitian pada masa sekarang kemudian dijelaskan, dianalisa, dan disajikan sedemikian rupa sehingga gambaran yang sistematis.17
Dalam hal ini penulis menggambarkan langsung tentang pemberdyaan lembaga keuangan Bmt, Koperasi dan Grameen Bank dalam mengembangkan dan meningkatkan ekonomi mikro dengan mengumpulkan data-data akurat kemudian dianalisis.
3.Data Penelitian
a.    Data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari responden berupa catatan tertulis/wawancara, dalam hal ini penulis melakukan wawancara kepada pejabat lembaga keuangan yang berwenang.
b.    Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dari sumber-sumber tertulis yang terdapat dalam buku dan dokumen. Penulis mengumpulkan informasi berupa buku-buku. Contoh : buku-buku yang berkaitan dengan penelitian.


 

17 Irwan Soharto, Metode Penelitian Sosial, cet VI (Bandung: Pt Raja Gravindo,2004), h.35.
4. Tehnik Pengumpulan Data
a.    Library Research, yaitu suatu metode dengan mengkaji data-data yang diperoleh dari buku-buku, bahan-bahan presentasi, artikel, brosur dan bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan pembahasan skripsi.
b.    Field Research (lapangan dengan wawancara, yaitu tekhnis dalam upaya menghimpun data yang akurat untuk keperluan melakukan proses pemecahan masalah tertentu sesuai dengan data. Tekhnik yang digunakan adalah berupa interview bebas terpimpin yaitu penulis mengajukan beberapa pertanyaan yang telah dipersiapkan, kemudian langsung dijawab oleh informan  dengan bebas dan terbuka.
c.    Studi Dokumentasi, yaitu dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan pada laporan keterangan pihak bmt dan keterangan dokumen lainnya yang terkait dengan masalah penelitian
5. Subjek Penelitian
Ø Subjek adalah: Baitulmaal wat Tamwil Tamzis, Koperasi Kodanua dan Grameen Bank Koperasi Usaha Mandiri.
Ø Objek penelitian pemberdyaan yang dilakukan BMT, Koperasi dan Grameen Bank  dalam mengembangkan dan meningkatkan ekonomi mikro.
6.Tehnik Pengelolaan Data
Proses pengorganisasian dan mengumpulkan data kedalam kelompok, kategori, dan menyatukannya menjadi satu kesatuan. Pengelolaan data ini dilakukan terus menerus selama pengumpulan data berlangsung maupun setelah terkumpul.
Adapun tehnik pengolahan data adalah deskriftif kualitatif dan teknik penulisan menggunakan “ Buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Syariah Dan Hukum UIN 2007”

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com